Belajar mengadakan event.

Buat temen-temen yang ingin mengadakan suatu acara, tetapi tidak mengerti tahap-tahap apa saja yang harus dilakukan terlebih dahulu. Atau buat temen-temen yang ingin punya pekerjaan sampingan sebagai Event Organiser. Berikut saya mau share tahap-tahap yang ahrus dilalui bila ingin mengadakan event.

1. Mencari konsep yang kreatif , TIDAK BIASA dan “in line” .

2. Menuangkan konsep dalam suatu rancangan tertulis. (Membuat proposal)

3. Membentuk tim untuk event yang akan di selenggarakan.

4. Membicarakan konsep dengan tim dan membuat skema aturan mainnya (Kerangka Pikiran), kemudian menyusunnya dalam bentuk proposal.

5. Menentukan pihak-pihak yang akan terlibat dalam event tersebut, dan membuat daftar tujuan proposal.

6. Menyebarluaskan proposal, dengan cara yang tepat.

7. Melakukan follow up terhadap proposal, dan memberikan batas waktu kepada calon sponsor.

8. Menghubungi seluruh supplier, pengisi acara, reconfirm venue dan seluruh atribut pendukung lainnya. Seperti, perijinan, keamanan dll.

9. Melakukan kontrak kepada semua pihak.

10. Melakukan technical meeting dengan seluruh pengisi/pendukung acara.

11. Jika diperlukan melakukan konferensi pers.

12. Melakukan publikasi.

13. Merekrut sesuai dengan kebutuhan
Siap melakukan loading dan akhirnya eksekusi.

Jangan lupa melakukan evaluasi setiap selesai mengadakan event. Evaluasi akan menjadi pelajaran penting untuk event yang akan kita adakan selanjutnya. Terima kasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s