Belajar berdangang dari E-commerce

Beberapa teman saya pernah mengkritik saya. menurut dia saya anak marketing Komunikasi (markom) yang gak bisa jualan. Saya sih tidak protes dibilang begitu, saya sendiri menyadarinya. Dari beberapa pengalaman saya menjual beberapa produk, memang saya bisa di bilang “GAGAl”. Mulai dari, harga yang tidak konsisten (apalagi klo ditawar cewek) hingga gak jadi jual barang karena terlalu sayang melepas barang itu.

Tetapi hari ini saya dapat pengalaman baru, berjualan barang di Internet. Barang yang saya tawarkan kali ini Camera DSLR nikon kesayangan saya. Sebenernya saya sudah pernah punya pengalaman belanja di internet. Bahkan beberapa gadget dan asesoris yang saya miliki juga hasil “berselancar” di dunia maya. Tapi pengalaman untuk berdagang masih sangat minim. Dulu pernah sempat punya toko online sendiri, tapi terlantar karena tidak punya admin khusus, maklum kerjaan waktu itu masih sangat padat (sok sibuk).

Kembali ke camera yang saya tawarkan. Camera saya tawarkan di blog(bloger), ecommerce (tokobagus), jejaring sosial (twitter) dan forum (kaskus). Dari posting iklan yang saya buat di beberapa tempat gratis itu saya mendapat banyak pengalaman baru. Saya harus tau harga pasaran barunya barang yang akan saya jual. Saya sempat terlalu tinggi pasang harga. Belajar mendiskripsikan barang yang saya jual semenarik mungkin, agar pembaca berminat. Bahkan belajar bernegosiasi harga.

Menjual barang di dunia maya benar-benar sangat menyenangkan, seharian handphone saya berdering terus, menjawab pesan orang-orang yang mengkonfirmasi barang yang saya jual. Hingga notifikasi komentar dari email.

Dari beberapa tools yang saya gunkan, posting di Ecommerce paling menyebalkan menurut saya. Bayangkan saya menawarkan camera dengan harga 3,5 tetapi di bawah saya ada orang komentar bahwa dia punya kamera yang jauh lebih murah harganya. Benar-benar menyebalkan.

Tinggalkan Balasan

