Sarjanamu Mimpi Indah Kedua Orang Tua kita

Masih teringat jelas masa kecilku. Hapir semua guru TK dan guru SD ku pernah menannyaiku tentang cita-cita. Aku masih oingat jelas, setiap aku di tanya besok kalo sudah besar cita-citanya mau jadi apa?. Jawabanku selalu “aku ingin menjadi insinyur, biar pintar seperti Soekarno”.

Sekarang mimpi itu sudah lenyap di hapus oleh keadaan. Aku yang dulu berharap jadi insinyur tidak bisa meneruskan studiku. Tetapi aku bersyukur. Kakakku pernah sempat menikmati pendidikan sebagai mahasiswa Tehnik Sipil di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Semarang. Meskipun saat itu juga sempat terhenti selama 2 tahun karena faktor keadaan.

Aku yang sadar mimpi lamaku tak akan terwuijud mencoba membangun mimpi baru. Ya, kakakku harus melanjutkan studinya lagi. “Harus ada sarjana di rumah kita” itu mimpi kami sekeluarga. Mimpi Papa yang sudah terlalu tua untuk membiayai pendidikan kami. Mimpi mama yang gajinya hanya mampu di buat beli makanan sehari-hari.

Semangat dan doa dari Papa dan Mama lah yang menjadikan kekuatan untukku untuk membantu membiayai studi kakakku. Doa-doa yang setiap malam Papa dan Mama panjatkan di dengar Tuhan dan Dia malu untuk tidak mengabulkannya. Alhamdulillah kami berhasil mencetak satu sarjana dirumah kami. Meskipun aku harus rela berhenti studi selama lima tahun.

Kini ada sarjana di rumah kami, ada secuil kebanggaan tersendiri saat mampu mewujudkan mimpi ke dua orang tuaku. Semoga kebanggaan yang hanya secuil itu bukanlah benih dari sebongkah kesombongan yang mampu hancurkan semua mimpi kami.

Kini giliranku merajut mimpi baru, membuat semua yang tertunda menjadi nyata. Meneruskan sekolahku. Meski saat aku masuk keperguruan tinggi hampir semua kawan sejawatku sudah punya posisi, ada yang sudah menjadi PNS, guru, bidan, dll. Tapi tak apa, aku hanya “kalah start” saja. Mungkin mereka sudah jadi sarjana sekarang dan aku belum. Tapi aku sudah menghasilkan sarjana sebelum aku tertidur dan mulai merajut mimpi baru. Terima kasih Tuhan atas semua kesempatan yang Engkau berikan kepada kami. Tidak ada sesuatu itu akan terwujud tanpa kuasa-Mu.

2 thoughts on “Sarjanamu Mimpi Indah Kedua Orang Tua kita

Tinggalkan Balasan

