5 Cara Menaikan Profit Usaha

Dalam siklunya sebuah perusahaan akan mengalami tahap yang disbut dengan fase decline, dimana pada fase ini kita akan mengalami profit yang rendah. Salah satu cara untuk melewati fase ini adalah melakukan pengembangan baik dalam produk maupun pengembangan pasar. Pengembangan yang dilakukan sebenarnya di tujukan untuk menaikan profit.

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana cara kita menaikan profit usaha kita. Tulisan ini saya kembangkan dari kultwitnya @cakeko1. Sebelumnya saya ingin berterima kasih kepada @cakeko1 yang mau berbagi ilmu kepada followernya.

Langsung saja cara agar profit usaha kita dapat naik terdiri dari 5 langkah penting, yaitu:

1. Menaikan Harga

Menaikan harga merupakan cara yang paling sederhana dalam proses menaikan profit. Tapi jangan salah, proses menaikan harga tidaklah semudah yang kita bayangkan. Kemampuan dan kemauan customer dalam menerima harga baru yang kita tetapkan sangat mempengaruhi. Jangan sampai customer kita lari karena kita telah menaikan harga. Yang perlu di perhatikan saat menaikan harga untuk kejar profit adalah kondisi okonomi, daya beli customer dan harga pesaing kita.

Sebulum kita menaikan harga kita harus memiliki alas an yang kuat tentang mengapa kita harus menaikan harga agar agar anda tidak kehilangan customer anda. Bebarapa contoh alas an yang dapat di terima customer misalnya: para pesain anda sudah menaikan harga terlebih dahulu, barang yang anda tawarkan memiliki manfaat yang besar melebihi harga yang anda tawarkan, atau produk anda merupakan produk unikserta tidak memiliki pesain. Alas an lain yang paling simple dan mudah di terima adalah karena bahan baku naik.

2. Meningkatkan Jumlah Customers

Pilihan lain bila anda tidak memiliki alasan yang tepat untuk menaikan harga adalah dengan meningkatkan jumlah cutomer. Yang perlu di jaga bila anda mengunakan cara ini adalah, anda harus tetap menjaga hubungan dan pelayanan anda kepada customer lama anda. Jangan sampai karena anda memperbanyak customer pelayanan anda terhadap customer lama anda berkurang.

3. Meningkatkan jumlah pembelian barang tiap customer

Cara ini lebih baik dari pada anda harus bersusah payah mencari customer lagi. Customer lama sudah memiliki kepercayaan terhadap produk yang anda tawarkan sehingga anda hanya perlu menguatkan sedikit komunikasi anda kepada customer lama anda agar membeli produk anda lebih banyak dari biasanya.

4. Menjadikan customer anda sebagai alat promosi gratis

Salah satu cara untuk meningkatkan profit adalah dengan beriklan. Tapi anda pasti tau klo beriklan itu perlu dana. Tapi dalam periklanan customer anda adalah endoser yang paling efektif dan efisien untuk beriklan. Jadikan tetimoni customer anda sebagai senjata ampuh untuk menarik customer lainnya. Tentunya testimony yang bik. Tetimoni yang baik itu senidiri tidak begitu saja keluar dari mulut customer kita, kita harus membangunnya, bisa dengan cara kita memberikan pelayanan yang memuaskan, bila customer puas dengan sendirinya dia akan memberikan testimony yang baik, atau bahkan akan mengajak orang lain untuk mencoba produk anda.

5. Tingkatkan pelayanan dan manfaat produk.

Cara selanjutnya adalah dengan meningkatkan pelayanan dan manfaat produk yang anda miliki,  bukan  dengan memberikan diskon. Dengan meningkatkan pelayanan, produk anda akan mendapatkan nilai tambah sehingga dapat menaikan kuantitas penjualan serta dapat menaikan harga produk anda.

 

Dari ke lima cara tersebut anda dapat memilih beberapa diantaranya untuk menaikan profit usaha anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s