Database Amatir HCD

Database amatir

Database Baru

Alhamdulillah, sifat males saya berbuah hasil juga akhirnya. Berawal dari malas setiap hari mencatat ini-itu di pembukuan manual. Setiap minggu saya dihadapi banyak sekali kertas dengan tulisan-tidak jelas (tulisan saya yang jelek banget itu loh) berawal dari malas membaca tulisan saya, itu saya mulai mencoba mengkomputirisasi pembukuuan di HCD.  Semula hanya data gaji karyawan yang saya buat, tetapi belakangan Order semakin banyak, dan saya sendiri sering lupa order mana yang harus di kerjakan dahulu. Bahkan ada yang sampai ordernya terlantar karena saya lupa. Mulai dari situ saya berfikir, mungkin kalo ada system informasi di HCD, semua order yang masuk akan terkendali dan terkelola baik, meskipun order itu datang sekaligus bersamaan dan dalam jumlah besar.
Mulailah dari situ saya buat SPK kepada teman-teman drafter di tempat saya. Tapi karena masih manual (nyobek kertas di tempel di monitor) kadang mereka tidak bisa baca tulisan saya karena memang tulisan saya terlalu jelek. Sampai suatu hari saya inget klo Microsoft punya software pembuat data base, kalo gak salah namanya Ms. Acces. Saya pun mencoba mempelajarinya, seperti software lain yang saya kuasain (photoshop, corel draw, adobe ilustrator, adobe flash, after effek) semuanya otodidak, belajar dari buku.
Database pertama yang saya buat selesai dalam waktu 1 bulan saya buat akhir Mei 2011 selesai pada akhir Juli 2011. Itupun masih dalam tahap penyesuaian. Diakhir November, saya memperbarui semuanya, dari tampilan hingga sistemnya, Alhamdulillah awal desember ini sudah selesai. Saya bersyukur sekali, akhirnya rasa malas saya membuahkan hasil. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para penulis buku yang sudi menjadi guru saya, semoga ilmu yang mereka tuliskan bermanfaat dan barokah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s