Modal Untuk Menjadi Seorang Wirausaha

Mau wirausaha?

Indonesia adalah Negara berkembang. Hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri negara berkembang yang mana di dalam negara tersebut banyak sekali industri kecil dan menengah ikut serta mensupport perekonomian negara. Di Indonesia sendiri Industri kecil menengah sudah banyak kita jumpai. Seolah-olah menjadi wirausaha adalah trend masa kini.
Sepertinya mudah untuk menjadi wirausaha. Akan tetapi di balik semua itu banyak juga dari beberapa wirausaha di Indonesia gagal, menyerah sebelum memulai dan kembali lagi ke dunia kerja sebagai pegawai. Untuk itu kita perlu tahu modal apa yang harus dimiliki dalam memulai berwirausaha.

1. MENTAL
Mental merupakan modal awal seseorang untuk menjadi wira usaha. Di tahap awal kita ingin melangkah dalam dunia wira usaha akan banyak sekali masalah yang di hadapi. Masalah disini adalah non materi (modal), karena modal dapat di cari dengan berbagai cara. Di tahap awal kita ingin berwirausaha pastilah ada rasa takut di diri kita. Itu adalah problem mental yang pasti ada. Bila kita benar-benar ingin berwira usaha tatalah niat kita baik-baik, jangan pernah pesimis, tetap optimis bahwa kita bisa, agar perhatian kita tetap fokus pada usaha yang kita jalani. Selain problem dari diri sendiri orang-orang disekitar kita bahkan keluargapun akan ambil peran, karena kebanyakan dari mereka ragu bahkan mencela kita. Untuk itu mental yang kuat sangat diperlukan disini. Jadikan lah keraguan dan celaan dari mereka sebagai semangat untuk menunjukan bawah kita bisa.

2. TOTALITAS
Wira usaha itu memang harus total. Mungki sebagian orang beranggapan dia lebih baik ditetap di kantor dan menjadi pegawai, sambil membuka usaha sampingan di luar pekerjaannya itu. Baik memang. Tapi sadar gak? Klo hasil dari usaha sampingan itu hasilnya juga cuma sampingan. Mungkin kalau benar-benar ditekuni dengan fokus tetap diusaha itu hasilnya akan lebih baik, karena pikiran dan enargi kita juga terpusat disana. Bila kerja sampingan anda bisa menghasilkan jutaan rupiah, mungkin bila anda jadikan usaha total anda dengan merekrut beberapa karyawan akan menghasilkan puluhan juta, atau mungkin ratusan juta rupiah.

3. DANA CADANGAN
Dana cadangan disini adalah persiapan kita saat tidak lagi menerima gaji tiap bulannya. Dana cadangan ini bukan bagian dari modal. Karena diusaha yang nanti kita tekuni tahapnya masih start up, biasanya belum dapat untung, atau bahkan minus. Oleh karena itu di butuhkan dana cadangan yang nantinya kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Dana cadangan ini juga akan mencegah kita untuk mengusik keuangan usaha kita.

4. MODAL
Disini modal bisa berupa materi dan ide. Bila kita memiliki ide yang benar-benar bagus, akan tetapi kita tidak memiliki dana yang cukup untuk memulai usaha, gandenglah orang lain yang memiliki dana parkir, tetapi tetap dengan ketentuan-ketentuan yang di sepakati. Atau modal juga bisa di cari dengan menabung. Untuk modal usaha yang baru pertama kali di geluti, sebaiknya tidak mengambil dari hutang karena bisnis adalah pertaruhan, kalo tidak berhasil berati ya gagal.

Ke empat cara diatas ini saya tulis setelah dapat pencerahan dari mbak @iimfahima di kelas entrepreneur @akademiberbagi. Saya senang sekali karena banyak berlajar dari orang-orang hebat di @akademiberbagi. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita bersama. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s